Apa Itu Investasi dan Apa Saja Jenis - Jenisnya?


Kenali definisi investasi Sesungguhnya agar Anda tak salah sebelum memutuskan memilih yang mana. Investasi merupakan salah satu cara atau bentuk pengolahan dana yang dimiliki dan tak digunakan. Dengan harapan dana tersebut dapat bekerja dengan maksimal dan menghasilkan dana lebih di waktu tertentu.

Investasi merupakan salah satu bentuk pengolahan dana yang terdapat batasan waktu serta jumlah minimal penempatan. Selain tabungan dan deposito, investasi menjadi pilihan paling banyak saat ini. Tersedia dalam beberapa bentuk dan pilihan, investasi menjadi yang sering diminati saat ini.

Bagi masyarakat modern saat ini, investasi tak asing lagi ditelinga. Kata yang sering ditemui saat Anda mendengarkan berita di radio, televisi bahkan media sosial. Berbagai kalangan kini banyak yang berinvestasi baik jangka pendek atau pun jangka panjang. Karena banyak kalangan yang mengharapkan keuntungan dari investasi tersebut.

Sebelum Anda memutuskan untuk belajar investasi ada baiknya lebih mengenal lebih dalam. Definisi investasi yang pertama kali harus Anda ketahui juga jenis-jenisnya. Dengan demikian, saat telah mengambil keputusan menjadi lebih yakin dengan investasi yang akan dilakukan. Jangan sampai Anda terjebak karena kurang mengerti tentang investasi yang dipilih.

Investasi juga terbagi dua jenis yaitu investasi jangka pendek dan jangka panjang. Dengan berinvestasi Anda mengharapkan adanya keuntungan atau nilai tambah di akhir waktu. Seperti deposito di bank, dengan harapan uang bertambah karena adanya bunga yang didapat. Akan tetapi dalam sebuah investasi terdapat resiko yang mungkin muncul dan lebih tinggi dibandingkan dengan deposito.
 

Sebelum Memutuskan, Ketahui Definisi Investasi dan Perbedaannya

Anda mungkin telah banyak mendengar banyaknya penawaran investasi di berbagai media juga kasus yang mengikutinya. Beberapa model investasi yang banyak muncul sekarang ini memiliki resiko keamanan yang cukup tinggi. Walaupun masih terbilang wajar karena terdapat prinsip “high risk high return”.
 
Berdasarkan prinsip itulah, Anda yang mengharapkan keuntungan besar harus siap dengan resiko yang besar pula. Karena investasi merupakan sebuah kegiatan untuk menempatkan sejumlah dana pada aset produktif dengan mengharapkan adanya imbal hasil pada jangka waktu tertentu.
 
Untuk lebih memperjelas, ada baiknya Anda mengenal jenis serta perbedaan dari masing-masing investasi yang ada.
 

1. Investasi jangka pendek.

Merupakan jenis investasi yang dilakukan dalam jangka waktu kurang dari satu tahun. Modal yang diperlukan tak perlu besar, resikonya pun kecil dengan tujuan kebutuhan dalam waktu dekat. Kebutuhan seperti liburan, kendaraan baru atau pun renovasi rumah, sedangkan contoh investasinya adalah deposito serta reksadana pasar uang.

2. Investasi jangka panjang.
Merupakan kebalikan investasi jangka pendek, yaitu dilakukan lebih dari satu sampai puluhan tahun. Investasi jenis ini biasanya memiliki kemungkinan keuntungan yang lebih konsisten bahkan lebih tinggi. Contoh investasinya adalah biaya pendidikan anak hingga untuk dana pensiun.
 
Selain mengetahui definisi, jenis dan perbedaannya, Anda pun harus memiliki pertimbangan dalam melakukan investasi. Hal ini dilakukan agar Anda mengenal dan mengetahui dengan pasti perkembangan investasi yang dipilih. berikut ini pertimbangan yang harus Anda miliki, yaitu:
 
1. Dana atau aset yang ingin diinvestasikan harus tersedia. Jangan sampai Anda memaksakan pada sebuah investasi yang di luar kemampuan.
 
2. Perhitungkan resiko yang sanggup Anda tanggung. Karena pada dasarnya setiap investasi memiliki resiko walaupun kecil. Anda harus selalu waspada dengan oknum-oknum yang menawarkan keuntungan sangat besar.
 
3. Anda harus menentukan jangka waktu sesuai dengan kemampuan.
Itulah definisi investasi, jenis juga hal-hal penting lain di dalamnya. Dengan mengetahui banyak hal seputar investasi online, diharapkan Anda dapat menentukan mana yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

0 Response to "Apa Itu Investasi dan Apa Saja Jenis - Jenisnya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel