Menggantikan Pembalut Sekali Pakai, Berikut Tips Menggunakan Menstrual Cup Bagi Pemula


Bagi wanita, menggunakan pembalut sekali pakai saat menstruasi akan memberikan rasa kenyamanan sendiri karena kepraktisannya. Namun, sampah pembalut bekas pakai dinilai tidak ramah lingkungan. Sebagai upaya untuk melakukan gerakan ramah lingkungan kini hadirlah menstrual cup untuk menggantikan pembalut sekali pakai. Alat ini masih sukar untuk digunakan bagi beberapa orang. Berikut tips menggunakan wadah penampung darah haid bagi pemula.
 

Ramah Lingkungan dan Aman Digunakan

 

1. Ketahui Ukuran Yang Pas

Sebelum memutuskan untuk mengganti pembalut anda dengan cangkir menstruasi, anda harus memastikan ukuran yang pas untuk digunakan. Alat ini memiliki beberapa variasi ukuran dengan daya tampung berbeda. Ukuran kecil, biasanya diperuntukkan bagi wanita yang belum pernah melahirkan. Sedangkan ukuran besar berdaya tampung 40 ml, dapat menjadi pilihan bagi wanita yang sudah pernah melahirkan. Anda bisa konsultasi dengan dokter sebelum memakainya.
 

2. Cara Menggunakan Cup

Kebanyakan orang sukar menggunakan alat tampung ini, karena membayangkan cara pakainya. Padahal, cara pakainya sangat aman dan tidak begitu susah. Langkah pertama, cuci bersih cup sebelum digunakan. Setelah itu, olesi ujungnya dengan air sebagai pelumas agar lebih mudah digunakan. Kemudian, masukkan menstrual cup dengan cara melipatnya menyerupai bentuk segitiga. Pastikan anda memasukkannya dengan benar, agar tidak bocor dan nyaman dipakai.
 

3. Cara Melepas Cup

Untuk melepasnya, anda bisa menarik lembut ujung tangkai cup dari vagina dengan telunjuk dan ibu jari. Jepit wadah penampung, lalu tarik untuk mengeluarkan alat ini. Setelah itu, kosongkan cup dari darah menstruasi dan cuci bersih. Anda bisa merendamnya dengan air hangat selama beberapa saat untuk mensterilkannya. Cuci cup setelah enam jam pemakaian. Alat ini dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama dengan perawatan yang benar.
 
Gaya hidup ramah lingkungan, makin serius dijalani sebagian orang. Begitupun dengan langkah untuk menggantikan pembalut sekali pakai bagi wanita menstruasi. Meskipun banyak yang masih merasa takut untuk menggunakannya, alat ini sangat aman dipakai dan telah direkomendasikan oleh ahli kesehatan. Selain itu, penggunaan cup ini dinilai lebih ekonomis dan hemat dibandingkan pembalut sekali pakai.

0 Response to "Menggantikan Pembalut Sekali Pakai, Berikut Tips Menggunakan Menstrual Cup Bagi Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel