Gak Perlu ke Tempat Servis, Ikuti Cara Instal Ulang Laptop Berikut Ini

Gak-Perlu-ke-Tempat-Servis-Ikuti-Cara-Instal-Ulang-Laptop-Berikut-Ini

Tempat instal ulang laptop jadi solusi terbaik bagi banyak orang saat laptop yang dimilikinya lemot, entah karena virus atau aplikasi yang bejibun. Padahal, jika mau mengulik lebih jauh saja, Anda bisa melakukan instal ulang laptop sendiri di rumah. Cara instal ulang laptop ini pun terbilang mudah untuk dilakukan, bahkan untuk pemula sekali pun. 
 

Cara Praktis Menginstal Ulang Laptop

Daripada mengeluarkan uang untuk menginstal laptop di tempat servisnya, bagaimana jika Anda mencoba sendiri untuk menginstal ulang laptop tersebut? Instal ulang laptop cukup praktis kok dan bisa Anda lakukan dengan menggunakan flashdisk. 

1. Siapkan Flashdisk yang Memuat File Instalasi 

Agar bisa menginstal ulang laptop menggunakan flashdisk, siapkan dulu flashdisk yang memuat file instalasinya. Colokkan flashdisk ke laptop, lalu burning master Windows yang tersedia ke flashdisk tersebut. Setelah proses burning selesai, cabut flashdisk dengan cara yang dianjurkan. 

2. Pilih Flashdisk sebagai Booting Device 

Colokkan flashdisk pada laptop, lalu restart laptop Anda. Saat proses loading awal, langsung masuk ke menu BIOS, lalu pilih identitas flashdisk yang dicolokkan di urutan pertama untuk booting. Selanjutnya, Anda bisa keluar dari menu BIOS tersebut. 

3. Pilih Custom Pada Opsi Instalasi 

Setelah Anda keluar dari menu BIOS, maka Anda akan dihadapkan pada dua opsi instalasi, yaitu Upgrade dan Custom. Anda bisa pilih opsi Custom untuk meng-instal laptop agar bisa kembali seperti semula. Selanjutnya, lakukan pengaturan partisi, dengan cara menghapus atau membiarkan data yang ada di sistem operasi yang lama. 

4. Biarkan Laptop Restart Lalu Input Nomor Seri Sistem Operasi 

Setelah pengaturan partisi, maka laptop otomatis akan melakukan restart. Proses restart akan berlangsung kira-kira selama 10 menit. Jangan klik tombol apapun hingga layar laptop menampilkan sistem operasi yang baru saja diinstal. Kemudian, atur nama pengguna laptop dan jangan lupa menginput nomor seri dari sistem operasi baru yang Anda instalkan. 
 
Setelah semua langkah di atas selesai laptop Anda sudah sepenuhnya diinstal ulang. Jangan lupa cek juga tanggal dan jam pada laptop, agar sesuai dengan domisili Anda. Cara instal ulang laptop ini sendiri bisa Anda terapkan pada laptop berbagai merek. Selamat mencobakan, ya!

0 Response to "Gak Perlu ke Tempat Servis, Ikuti Cara Instal Ulang Laptop Berikut Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel