Uang Elektronik, Solusi Pembayaran pada Aplikasi Mobile

jasa-cuci-mobil-dan-motor

Perkembangan teknologi yang makin pesat dan perubahan gaya hidup membuat beberapa hal di dunia ini berubah. Salah satunya adalah peralihan dari uang konvensional menjadi uang elektronik(e-money). Di kota-kota besar seperti Jakarta sudah banyak yang melakukan hal tersebut. Ambil contoh, memesan makanan pada aplikasi, kemudian memesan Jasa Cuci Mobil dan Motor melalui aplikasi, hampir semua pembayaran dilakukan dengan uang elektronik.

Sebelum membahas lebih jauh, kalian harus tahu bahwa ada dua jenis e-money. Pertama, e-money yang dananya tersimpan dalam sebuah chip, yang umumnya tersemat menjadi kartu. Untuk penggunaannya bisa dilakukan secara langsung tanpa harus ada koneksi internet. Misalnya kartu debit dan kartu kredit. Kedua adalah e-money yang dananya disimpan dalam sebuah server, di mana setiap transaksinya diperlukan koneksi internet. Tipe ini lazimnya disematkan dalam sebuah aplikasi.

Penggunaan e-money di kota-kota besar sudah lazim digunakan terutama oleh mereka yang berada dalam usia produktif. Salah satu alasanya karena praktis dan mudah di bawah kemana saja. Mereka tidak memerlukan uang tunai yang kadang bisa menuhi dompet dan bikin duduk tak nyaman.

Penggunaan uang elektronik pun memudahkan bagi para penjual. Sebab mereka tidak lagi berurusan dengan uang kembalian dengan begitu juga meningkatakan effektifitas pelayanan.

Lantas, apa saja sih sebenar nya keuntungan menggunakan uang elektronik? Serta apa kerugian nya?

Keunggulan e-money dibanding uang konvensional

Praktis dan Aman

Menggunakan e-money akan membuat hidupmu lebih mudah dan praktis. Setiap pergi berbelanja kamu tidak harus membuang uang tunai kamu cukup membawa kartu atau smartphone. Selain itu kamu pun telah meminimalisir peluang tindak kriminal dan terhindar juga dari uang palsu.

Efisiensi Waktu

Setiap kamu ingin membayar sejumlah tagihan seperti listrik, internet, air, asuransi dan sebagainya. Kamu tidak perlu keluar rumah, cukup gerakan jari manis Anda di smartphone mu maka Anda sudah bisa membayar sebuah tagihan tersebut. Anda telah menghemat waktu.

Banyak promo Produk

Tak dapat dipungkiri bila sejumlah gerai dan produk-produk menawarkan potongan harga kepada Anda jika menggunakan transaksi non tunai. Tentu ini menjadi angin segar buat kamu, sebab bisa menghemat pengeluaran.

Memudahkan Pencatatan Transaksi

Menggunakan e-money artinya secara otomatis setiap transaksi yang Anda lakukan akan tercatat di akunmu. Sehingga kamu dapat memanajemen setiap transaksi yang dilakukan dengan begitu kamu bisa lebih mengatur segala pengeluaran.

Kelemahan e-money dibanding uang konvensional

Hanya Berlaku Pada Gerai-gerai Tertentu

Diperhatikan lebih sesama sejumlah e-money hanya dapat digunakan di beberapa gerai yang sudah menjadi rekanan penyedia e-money. Jika Anda bertransaksi bukan di gerai rekanan, maka harus menggunakan metode transaksi lain seperti uang tunai. Hal ini cukup menyulitkan terutama jika kamu hanya menggunakan satu e-money dari satu penyedia saja.

Bergantung Pada Jaringan Internet

Satu kelemahan dari e-money berbasis apliaksi adalah harus tergantung kepada jaringan internet. Jika Anda bertransaksi di luar kota besar atau daerah mungkin saja tidak bisa menggunakan e-money. Anda harus kembali menggunakan uang tunai.

Berkaca pada kelebihan dan kelemahan e-money, tergantung dari beberrapa faktor. Sehingga dapat disimpulkan bagi mereka yang bertransaksi di kota-kota besar, uang elektronik adalah solusi dari segala transaksi. Namun untuk transaksi di daerah yang masih terbatasnya internet dan gerai yang menerima e-money masih menjadi pekerjaan rumah.

Sebagai contoh layanan Halo jasa yang terdiri dari cuci mobil, service ac, cleaning service dan massage panggilan telah bisa menggunakan e-money untuk setiap transaksinya, yakni memakai DANA. Mau pesan layanan jasa cuci mobil panggilan? pesan di Halo jasa saja.

0 Response to "Uang Elektronik, Solusi Pembayaran pada Aplikasi Mobile"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel