Jangan Salah, Inilah 4 Tips Aman Menggunakan Mesin Bor

Jangan-Salah-Inilah-4-Tips-Aman-Menggunakan-Mesin-Bor

Mesin bor merupakan peralatan untuk kegiatan pertukangan yang digunakan untuk melakukan berbagai pekerjaan pengeboran. Namun, Anda juga sebenarnya bisa menggunakan mesin bor sendiri asalkan tetap memperhatikan cara-cara yang aman untuk menggunakannya. Saat ini ada banyak mesin bor yang bisa Anda temui dan beli di pasaran seperti mesin bor dari brand Bosch.

Menggunakan Mesin Bor

Berikut beberapa tips aman untuk Anda yang ingin menggunakan sendiri mesin bor untuk berbagai keperluan di rumah.

1. Jaga posisi pengeboran

Posisi tangan Anda dan cara memegang bor yang tidak tepat akan membuat proses pengeboran dan kinerja mata bor menjadi kurang efektif. Lebih parahnya lagi, hal ini beresiko menimbulkan cedera pada lengan Anda. Maka, pastikan Anda memposisikan lengan serta bor dalam posisi yang tepat ketika melakukan proses pengeboran.

Idealnya, posisi pengeboran maksimal berada pada sudut 90 derajat pada permukaan, meskipun ada juga beberapa mesin bor yang didesain untuk pekerjaan pengeboran dalam sudut kemiringan tertentu. Pastikan juga otot-otot tangan ketika memegang bor teregang dengan sempurna dan berikan tekanan yang sewajarnya saja. Hal ini penting supaya tidak menambah beban pada mata bor dan meningkatkan resiko cedera.

Selain itu, tangan Anda juga harus memegang bor dengan tepat. Posisikan tangan kanan Anda dengan baik untuk memegang pegangan bawah mesin bor. Sementara itu tempatkan tangan kiri Anda pada mesin yang dekat dengan ujung mesin bor.

Cara memegang bor seperti ini akan mencegah bor melenceng ke berbagai arah ketika digunakan. Jika Anda harus melakukan proses pengeboran dalam waktu yang cukup lama, Anda perlu beristirahat sebentar sebelum melanjutkan proses pengeboran agar mencegah terjadinya kejang pada tangan.

2. Memilih bor yang sesuai

Ada beragam jenis bor yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti berbagai pilihan bor dari brand Bosch. Setiap bor memiliki fungsi yang berbeda seperti untuk mengebor permukaan dinding, beton, kayu, logam, atau permukaan-permukaan lain.

Untuk mendapatkan hasil pengeboran yang maksimal dan juga keamanan Anda, maka pilihlah bor yang sesuai dan cari tahu terlebih dahulu bor seperti apa yang Anda butuhkan.

3. Menggunakan pengaman diri yang lengkap

Untuk menjaga keamanan diri Anda saat melakukan pengeboran, maka pastikan Anda sudah melengkapi diri dengan peralatan-peralatan pengaman seperti kacamata khusus untuk mengebor. Kacamata pelindung ini akan mencegah mata Anda terkena serpihan-serpihan yang mungkin saja menghambur ke arah Anda selama proses pengeboran.

Untuk lebih aman lagi, Anda juga bisa menggunakan sarung tangan agar tangan lebih aman saat memegang bor. Namun pastikan sarung tangan yang Anda pakai terbuat dari material yang tidak licin.

4. Sesuaikan kecepatan putaran mesin bor

Untuk keamanan dan juga agar pekerjaan mengebor yang Anda lakukan lebih efektif dan efisien, Anda perlu menyesuaikan kecepatan putaran mesin bor tersebut. Jika Anda menggunakan kecepatan yang tidak cocok, hal tersebut akan beresiko membuat tangan Anda bergoyang dan membuat arah mesin bor melenceng dari material yang hendak dilubangi.

Apabila saat pengeboran mesin bor sulit didorong maju, itu artinya kecepatan putarannya masih kurang. Namun apabila saat pengeboran mesin bor mudah sekali maju, itu artinya kecepatan putaran yang Anda atur terlalu tinggi.

Itulah beberapa tips aman menggunakan bor bagi Anda yang ingin melakukan pekerjaan pengeboran sendiri di rumah. Selain itu, pastikan juga Anda memilih mesin bor yang berkualitas seperti mesin-mesin bor dari brand Bosch.

0 Response to "Jangan Salah, Inilah 4 Tips Aman Menggunakan Mesin Bor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel