Tips Memaksimalkan Pemakaian Panel Surya

Tips-Memaksimalkan-Pemakaian-Panel-Surya
Foto dari Canva Photos Unlimited

Apa pentingnya menggunakan panel surya berkualitas? Pemakaian energi listrik setiap harinya semakin naik, sehingga penggunaan sumber energi alternative lainnya cukup dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pasokan listrik. Salah satu energi alternative yang seringkali menjadi pilihan adalah panel surya. Di mana energi alternative berikut tidak membutuhkan bahan bakar yang nantinya dapat menimbulkan polusi, namun memanfaatkan cahaya matahari. Agar dalam penggunaannya lebih maksimal, Anda harus rutin memberikan perawatan yang tepat dan memperhatikan beberapa hal ketika memasang panel surya. Berikut penjelasannya.

Tips Memaksimalkan Penggunaan Panel Surya

Ketika memasang panel surya, pastikan jika posisinya sudah tepat. Agar nantinya, Anda dapat memperoleh energi yang berlimpah. Berikut beberapa tips yang perlu Anda perhatikan, serta terapkan untuk memaksimalkan penggunaan energi alternative tersebut:
  • Perhatikan temperature suhu pada solar panel. Sebab pada umumnya, solar panel akan bekerja pada suhu 25˚C. Sehingga saat suhu meningkat akan membuat kinerja solar panel menjadi menurun. Untuk mengatasinya, saat pemasangan berikan ruang yang cukup di bawahnya agar aliran udara dapat masuk.
  • Perhatikan posisi pemasangan agar tidak terhalang objek lain. Karena hal tersebut dapat menimbulkan bayangan yang bisa mempengaruhi produksi keseluruhan daya yang dihasilkan oleh solar panel.
  • Perhatikan juga bahan pembuat solar panel, sebab setiap solar panel mempunyai rangkaian sel yang berbeda, dan mampu memberikan pengaruh pada energi yang dihasilkan.
  • Berikut Cara Perawatan Panel Surya
  • Meskipun panel surya mampu bertahan hingga waktu 20 tahun, namun juga membutuhkan perawatan yang tepat agar mampu menghasilkan energi yang maksimal. Berikut langkah-langkahnya:
  • Cek permukaan pada panel solar, apabila terdapat kotoran, maka segera bersihkan dengan menggunakan air.
  • Apabila terdapat bayangan yang menghalangi panel, maka segera hilangkan atau pindahkan objek yang menjadi penghalang tersebut.
  • Senantiasa pastikan output pada daya panel tetap sesuai, dengan mengeceknya secara otomatis melalui system pantau.
  • Senantiasa periksa keseluruhan koneksi serta kabel.
Itulah beberapa tips dalam memaksimalkan serta merawat panel surya berkualitas yang bisa Anda lakukan. Agar Anda memperoleh layanan pembangkit yang berkualitas, Sewatama telah hadir sebagai solusi. Melalui layanan tersebut, Anda akan mendapat biaya anggaran serta tips perawatan yang sesuai. Tunggu apalagi, segera kunjungi https://sewatama.com/id/ dan temukan berbagai bahan yang Anda butuhkan.

0 Response to "Tips Memaksimalkan Pemakaian Panel Surya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel