Deretan Kejuaraan Otomotif Balap Mobil Paling Bergengsi

Deretan-Kejuaraan-Otomotif-Balap-Mobil-Paling-Bergengsi

Balap mobil adalah salah satu ajang kejuaraan otomotif paling bergengsi. Kejuaraan balap mobil ini menjadi kesempatan besar bagi para peserta untuk unjuk gigi mengendarai mobil balap dalam lintasan tertentu. Kategori kejuaraannya pun berbeda-beda sesuai dengan tingkatannya. Berikut ini adalah bermacam-macam ajang balap mobil yang dapat diikuti para pembalap.

1. Formula 1

Ajang balapan mobil yang satu ini pastinya sudah tak asing lagi. Ciri utama dari ajang balapan terpopuler ini adalah bentuk mobilnya yang hanya dapat dinaiki satu orang. Desainnya dirancang sedemikian rupa, sehingga mempunyai kemampuan aerodinamis yang mumpuni dan mampu melaju kencang di lintasan. Performa mesin mobil juga sudah berteknologi tinggi.

2. Rally

Berbeda halnya dengan balapan mobil pada umumnya yang dilakukan di lintasan balap, rally justru dilakukan di jalanan umum. Jalur jalanan yang dipilih juga mempunyai medan yang beragam, mulai dari aspal, kerikil, padang pasir, kerikil, hingga kawasan bersalju. Karena medan yang sulit dan beragam ini, rally menjadi ajang balapan yang sangat menantang dan menarik banyak orang.

3. Touring

Ajang balap mobil yang satu ini juga cukup menarik. Uniknya, peserta balap boleh menggunakan mobil yang sudah dimodifikasi, sehingga memberikan kesempatan untuk mengubah kemampuan mobil jadi lebih tinggi dibandingkan standar pabrik pembuatnya. Mobil yang biasa digunakan adalah Honda Civic, Honda Jazz, BMW, Toyota Yaris, dan mobil umum lainnya.

Balap touring jenis lainnya yaitu Grand Touring juga tak kalah menariknya. Mobil yang digunakan untuk balapan mempunyai spesifikasi khusus yaitu sport car atau supercar, di antaranya Jaguar, Lamborghini, Ferrari, Porsche, dan mobil kencang lainnya.

4. Nascar Race

Kejuaraan mobil yang satu ini diadakan oleh sebuah perusahaan dengan mobil khusus yang sudah disediakan. Mobil yang digunakan adalah mobil stok yang artinya mobil standar keluaran pabrik yang desainnya sudah disesuaikan dengan lintasan balap yang dipilih. Ciri khas balapan yang satu ini yaitu lintasannya berbentuk oval. Menariknya, pembalap wajib melewati 500 lap lintasan.

5. Drag Race

Ajang balap mobil tertua ini mempunyai aturan sangat sederhana yaitu adu dua mobil di sebuah lintasan lurus yang panjangnya seperempat mil. Pembalap yang mencapai garis finish paling cepat adalah pemenangnya.

6. Drifting

Tidak hanya lurus, lintasan drifting ini berkelok-kelok. Kunci memenangkan pertandingan ini adalah mampu mengendalikan laju mobil dengan lincah dan cermat, terutama saat melewati medan berkelok. Bagi penyuka otomotif, ajang balapan ini sangat menarik karena aksinya sangat indah. Mobil yang digunakan pembalap juga didesain khusus agar roda belakang lebih fleksibel.

7. Endurance

Balapan mobil ini menguji ketahanan mobil dan pembalap karena dilakukan sepanjang 24 jam non stop. Ketahanan mesin, performa, strategi mengemudi, hingga ketahanan fisik serta mental, menjadi penentu dalam memenangkan pertandingan ini.

Itulah beragam jenis kejuaraan otomotif balap mobil yang sangat bergengsi. Setiap ajang balap mempunyai ketentuannya sendiri, sehingga tantangannya pun akan berbeda. Jadi, kuasailah aturan permainan dan jenis mobilnya untuk memenangkan pertandingan.

0 Response to "Deretan Kejuaraan Otomotif Balap Mobil Paling Bergengsi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel