Tahukah Kamu Paget Tulang ?

Sumber gambar: hellosehat.com 
Mungkin jika kamu mendengar ini kamu kira ini makanan atau minuman millennial bukan , ini paget tulang adalah sebuah gangguan yang bisa terjadi pada tubuh setiap orang . penyakit paget tulang atau pagets disease adalah gangguan yang dimna proses regenerasi pada tulang . yang menyebabkan tulang akan menjadi rapuh dan bengkok . serta penyakit paget tulang akan terjadi sering pada tulang panggul , tulang tengkorak , tulang belakang dan tulang tungkai . tentu saja sebagai manusia kita ingin agar tulang kita selalu sehat . namun tahukah kamu bahwa sebenarnya didialam tubuh kita tulang sedang beregenerasi sel tulang yang normal akan selalu mengalami proses pergantian atau regenerasi . tulang yang akan lama akan diserap oleh sel tulang yang dinamakan osteoklas dan biasanya digantikan oleh sel tulang yang baru atau yang disebut dengan sel osteoblas. Yang perlu diketahui tentang penyakit paget tulang selanjutnya adalah penyakit paget tulang juga terjadi sata osteklas yang lebih aktif daripada osteoblast sehingga mengakibatkan lebih banyak jaringan tulang yang diserp daripada dibentuk . keadaaan inilah yang dapat mengakibatkan tulang yang tumbuh menjadi memilki bentuk yang tidak normal serta lemah dan rapuh . dilansir dari alodokter ada beberapa gejala atu tanda agar kamu dapat mengetahui jika terkena penyakit paget tulang ini karena penyakit paget tulang ini membuat tulang kita menjadi lebih beresiko mengalami retak , patah atau bahkan bisa saja menjadi berubah bentuk bahkan jika ditanya , sebagian besar penderita paget tulang ini tidak mengalami gejala apapun tetapi penderita yang akan merasakan nyeri dibagian tubuh tertentu maka dari itu tetap kita harus mengetahui gejala gejala penyakit paget tulang . penyakit paget tulang ini juga memiliki tanda khusus yaitu hanya terjadi pada satu baian tubuh atau beberapa bagian tubuh sekaligus . karena sebenarnya selain rasa nyeri pada penyakit paget tulang akan menimbulkan serta mengakibatkan gejala gejala lain yang terjadi karena paget tulang di bagia tubuh yang terpengaruh , antara lain : 

1. Pada tulang tungkai 

Penyakit paget tulang ini bisa menyebabkan tulang tungkai menjadi bengkok dikarenakan jika penyakit tersebut sudah menyerang tulang tungkai . 

2. Pada Tulang tengkorak 

Dalam hal ini penderita akan mengalami seperti sakit kepala hingga bahkan gangguan pendengaran karena disebabkan kelainan proses pembentukan tulang tengkorak yang menyebabkan efek samping seperti diatas tadi . 

3. Pada Tulang belakang 

Pada keadaan ini penderita paget tulang akan merasakan rasa sakit , kesemutan bahkan mati rasa pada lengan atau tungkai si penderita karena penyakit paget tulang ini akan menyerang tulang belakang serta saraf tulang belakang dapat tertekan sehingga menimbulkan rasa yang sakit seperti diatas tadi . 

Lalu apakah penyebab pasti penyakit paget tulang ini ? dilansir dari alodokter sebenarnya hingga saat ini belum diketahui penyebab pasti dari penyakit paget tulang ini . tetapi ada kemungkinan beberapa faktor dibawah ini bisa meningkatkan resiko seseorang terkena , antara lain : 

✔️Memiliki anggota keluarga yang menderita penyakit paget tulang ini atau riwayat dari anggota keluarga
✔️ Sering terkena paparan debu,udara , zat kimia atau polusi dari lingkungan sekitar .
✔️Memiliki usia 40 tahun keatas
✔️ Berjenis kelamin pria 

0 Response to "Tahukah Kamu Paget Tulang ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel