4 Tips Membeli Laptop Gaming bagi Pemula yang Berkualitas

4-Tips-Membeli-Laptop-Gaming-bagi-Pemula-yang-Berkualitas

Apakah Anda seorang gamer yang mendambakan sebuah laptop gaming berkualitas? Jika iya, sebaiknya simak terus ulasan tips membeli laptop gaming bagi pemula berikut ini. 

Setiap orang memiliki kriteria laptop gaming terbaik yang berbeda-beda. Ada yang mengutamakan kapasitas RAM yang besar biar mampu menyimpan beragam file game, ada pula yang mendambakan kualitas graphic board yang canggih supaya memberikan gambar yang terbaik. Terlepas dari kriteria tersebut, setiap gamer harus memiliki pegangan tersendiri terhadap jenis laptop gaming yang diinginkannya. Memang, dibandingkan dengan laptop biasa, notebook khusus gaming ini dibangun oleh spesifikasi yang tinggi dan desain yang menarik. Tak heran, jika harga yang dibanderol juga lebih tinggi daripada laptop biasa. 

Nah, biar Anda tidak salah pilih laptop gaming murah, berikut ini tips membeli laptop gaming bagi pemula untuk Anda. 

Prosesor yang Mumpuni 

Meski laptop gaming terbaik didesain khusus untuk bermain game dengan nyaman, namun spesifikasi laptop gaming pada umumnya juga bisa digunakan untuk kegiatan multimedia ataupun hanya sekedar browsing. Wajar saja, laptop tersebut sudah dibekali dengan komponen khusus yang pastinya canggih. 

Salah satu tips membeli laptop gaming bagi pemula adalah mengetahui jenis prosesor yang disematkan. Seperti yang diketahui banyak orang, prosesor memiliki peran penting bagi sebuah laptop karena sebagai otak yang menentukan performanya. Sebenarnya, ada dua jenis prosesor laptop gaming yaitu AMD dan Intel. Namun, lebih disarankan memilih laptop gaming denga prosesor intel karena lebih hemat daya dan tidak cepat panas. 

Tipsnya, pilihlah tipe prosesor laptop intel dengan label MQ atau HQ, misalnya i7-6700HQ. Hindari prosesor dengan label U karena hanya cocok untuk kegiatan ringan-ringan saja. Untuk gaming, minimal prosesor yang digunakan adalah intel core i5. Namun, lebih disarankan intel core i7. Sedangkan untuk tipe AMD minimal A10 dan FX series. Kemudian, terkait kecepatan prosesor (GHz), semakin tinggi kecepatannya akan semakin baik pula kinerjanya. 

Kartu Grafis yang Digunakan 

Selain CPU, tips membeli laptop gaming bagi pemula lain yang harus diperhatikan adalah bagian kartu grafis. Ya, VGA ini sangat berpengaruh terhadap tampilan dan kualitas game yang sedang dimainkan. Untuk kualitas minimum VGA adalah NVIDIA GT840. Namun, lebih disarankan untuk memilih VGA laptop gaming dari NVIDIA GTX Series, mulai dari GTX950, GTX960, GTX970, ataupun GTX980. Sementara itu, untuk tipe VGA AMD pilihlah R7 230 keatas atau R9 series. 

Kapasitas RAM 

RAM juga tidak kalah pentingnya diperhatikan ketika Anda hendak membeli laptop gaming. Berapakah kapasitas mininum RAM untuk gaming? Sebaiknya, pilihlah RAM di atas 4 GB. Kalaupun hendak memilih RAM 4 GB, pastikan jika laptop tersebut memiliki slot RAM tambahannya. Tujuannya, tidak lain untuk melakukan upgrade RAM ketika kapasitasnya dirasa masih kurang. 

Disamping itu, pilihlah jenis RAM DDR3. Namun akan lebih baik lagi jika jenis RAM-nya DDR4. Perlu diketahui, untuk memainkan game-game berat seperti MAD MAX, watch dog, GTAV, dan lainnya, ukuran RAM yang dibutuhkan paling tidak 8 GB. 

Perhatikan Media Penyimpanannya 

Untuk media penyimpanannya tersedia dua jenis yaitu SSD dan HDD. Untuk bermain game, sebaiknya pilihlah jenis penyimpanan HDD dengan kapasitas minimal 1 TB. Sebab, ketika sudah diinstal, biasanya membutuhkan banyak storage. Pertimbangkan pula laptop dengan slot untuk menambah HDD. 

Bagaimana dengan SSD? Dibanding HDD, media penyimpanan SSD ini jauh lebih terbatas. Kalaupun terpaksa memilih SSD, pastikan kapasitasnya lebih besar dari 500 GB. 

Nah, itulah beberapa tips membeli laptop gaming bagi pemula yang harus diperhatikan. Sebagai referensi harga laptop gaming terbaik, silakan kunjungi JD.ID ya! 

0 Response to "4 Tips Membeli Laptop Gaming bagi Pemula yang Berkualitas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel