Peristiwa yang Akan Terjadi Jika Bumi Tanpa Bulan

Peristiwa-yang-Akan-Terjadi-Jika-Bumi-Tanpa-Bulan

Jika Bumi tanpa Bulan, peristiwa mengerikan apa yang akan terjadi pada Bumi? Mungkin sebagian dari Anda pernah memikirkan hal tersebut saat memandangi Bulan. Fungsi Bulan sebagai satu-satunya satelit alam memang sangat penting untuk kehidupan makhluk di Bumi. Adanya Bulan juga berpengaruh pada kemiringan Bumi. Dari berbagai peran penting tersebut, para ilmuwan mulai memprediksi apa yang akan terjadi jika tidak ada Bulan sebagai satelit Bumi. 

Inilah Peristiwa yang Akan Terjadi Jika Bumi Tanpa Bulan 

Dilansir dari harapanrakyat.com berikut ini adalah peristiwa mengerikan yang akan terjadi di Bumi jika tidak ada Bulan: 

· Kemiringan Bumi Akan Berubah 

Jika Bumi tanpa Bulan, kemiringannya akan berubah dan tidak lagi seperti yang kita tahu sekarang. Ilmuwan memprediksi bahwa kemiringan Bumi akan berubah menjadi lebih miring atau lebih tegak. Kemiringan tersebut juga berpengaruh pada es yang ada di kutub utara. Karena kutub utara lebih sering terkena matahari maka es-nya akan lebih mudah mencair dan berpengaruh pada daratan. Tidak hanya itu saja, iklim yang biasa terjadi di Bumi akan mengalami perubahan dengan drastis. 

· Tidak Ada Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari 

Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan merupakan fenomena yang sering terlihat dari Bumi. Gerhana tersebut bisa terjadi karena Bumi, Bulan, dan Matahari berada pada posisi tertentu. Dengan kata lain terjadinya Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan melibatkan Bulan sehingga jika tidak ada Bulan maka fenomena itu tidak akan terjadi. Gerhana yang tetap bisa terjadi meskipun tidak ada Bulan adalah Gerhana Venus. Namun Gerhana Venus jarang sekali terjadi dan baru akan terjadi di tahun 2117 nanti. 

· Binatang Bemata Tajam Akan Semakin Banyak 

Salah satu peran Bulan untuk Bumi adalah sebagai penerang di malam hari. Dengan Bulan, segala jenis makhluk hidup dapat beraktivitas dengan mudah di malam hari. Tidak adanya Bulan akan berpengaruh pada adaptasi makhluk di Bumi terutama binatang yang sering memanfaatkan Bulan sebagai penerang. Mata binatang dapat berevolusi menjadi lebih tajam jika malam selalu gelap sehingga populasinya meningkat. 

· Lebih Banyak Meteor yang Jatuh 

Jika Bumi tanpa Bulan maka akan lebih banyak lagi meteor yang berjatuhan. Hal tersebut karena gaya gravitasi Bulan dapat menarik meteor atau benda angkasa lain yang melintas di sekitar Bumi. Apabila tidak ada Bulan dan gravitasinya, meteor akan lebih mudah jatuh ke Bumi. Jika meteor berupa batuan kecil, atmosfer Bumi dapat mengikisnya sehingga habis sebelum sampai ke Bumi. Namun jika batuan tersebut besar maka akan jatuh ke Bumi dan menciptakan lubang kawah. Semakin sering meteor jatuh maka Bumi akan semakin rapuh karena hantaman tersebut. 

· Gelombang Pasang Mengecil 

Bulan berpengaruh pada pasang surutnya air laut sehingga jika tidak ada Bulan maka gelombang pasang akan mengecil. Ilmuwan memperkirakan gelombang hanya bisa mencapai angka 40% dengan siklus yang jarang terjadi. 

· Bumi Akan Melakukan Rotasi dengan Lebih Cepat 

Salah satu hal yang berpengaruh pada Rotasi Bumi adalah gaya gravitasi Bulan. Rotasi Bumi akan terjadi jauh lebih cepat karena hal tersebut. Akibat dari rotasi yang lebih cepat adalah angin yang akan terasa lebih kencang di permukaan Bumi. 

· Planet Merkurius Akan Keluar dari Orbitnya 

Peristiwa yang terjadi jika Bumi tanpa Bulan selanjutnya adalah keluarnya planet Merkurius dari orbit seperti planet Pluto di tahun 2006 dulu. Pluto yang keluar dari orbit tidak lagi dianggap sebagai planet, hal ini juga bisa terjadi pada Merkurius. Planet Merkurius yang berada di orbit dipengaruhi gaya gravitasi Bulan dan gaya gravitasi Bumi. Tanpa gaya gravitasi tersebut Merkurius akan menabrak planet atau benda langit lainnya. 

· Asteroid Akan Lebih Sulit Dipelajari 

Ilmuwan akan kesulitan mempelajari Asteriod karena Bulan merupakan tempat terbaik untuk mempelajari ilmu tersebut. Mereka harus mencari cara lain untuk mempelajari Asteroid yang ada. Asteroid dan Bulan memiliki kesamaan pada susunan struktur dan batuan. 

Peristiwa yang disebutkan di atas dapat berdampak besar bagi kehidupan makhluk hidup yang ada di Bumi. Hal tersebut menjelaskan bahwa Bulan memang sangat berperan penting bagi Bumi. Semoga informasi mengenai berbagai peristiwa yang mungkin terjadi jika Bumi tanpa Bulan di atas dapat menambah pengetahuan.

0 Response to "Peristiwa yang Akan Terjadi Jika Bumi Tanpa Bulan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel