5 Tips Membuat AC Mobil Menjadi Cepat Dingin Kembali

5-Tips-Membuat-AC-Mobil-Menjadi-Cepat-Dingin-Kembali

Banyak sekali penyebab AC mobil tidak dingin, salah satunya adalah kebersihan yang tidak terjaga. Selain itu, banyak larang-larang berkendara yang dilarang seperti kebiasaan merokok di dalam mobil adalah penyebab yang sangat cepat untuk membuat AC mobil menjadi bekerja tidak maksimal. Jika terjadi kerusakan, maka segeralah untuk melakukan service. Jangan sampai ada kerusakan yang lebih parah akibat tidak berfungsinya AC. 

Agar AC Mobil Lebih Cepat Dingin 

Ketika berkendara, kita seringkali merasakan AC membutuhkan waktu yang lama untuk menjadi dingin. Bukan karena adanya kerusakan, namun memang prosesnya yang akan menjadi lebih lama. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mempercepat proses pendinginan AC sekaligus supaya komponen tersebut tidak mudah mengalami kerusakan. Anda penasaran apa saja tipsnya? Simak ulasan berikut ini ya! 

1. Membersihkan interior secara teratur 

Kebersihan interior mobil memiliki hubungan yang erat dengan kualitas AC, khususnya saat proses pendinginan oleh kondensor. Bahkan bagian yang pertama kali mengalami gangguan jika kebersihan kurang terjaga adalah AC. Kotoran yang ada pada kabin, dapat menyumbat filter yang pada akhirnya menghambat fungsi AC. 

Jadi, sirkulasi udara yang terjadi tidak dapat berlangsung optimal. Sehingga proses pendinginan udara akan berlangsung dengan lambat. Jadi cara supaya AC mobil cepat menjadi dingin, adalah menjaga kebersihan interior mobil sehingga proses penyaringan udara dapat berlangsung dengan cepat. 

2. Bersihkan kondensor 

Salah satu penyebab AC mobil menjadi lama untuk dingin adalah kondisi kondensor yang kotor. Maka, Anda dapat membersihkan bagian ini supaya proses kondensasi dapat berlangsung cepat tanpa hambatan. Kondensor berfungsi untuk mendinginkan udara yang panas. 

Cara membersihkannya cukup dengan menyemprotkan air ketika mencuci mobil pada kondensor. Jika Anda kebingungan letaknya dimana, dapat melihat buku manual. 

3.  Service AC mobil secara rutin 

Penyebab dari lamanya AC menjadi dingin adalah komponen yang aus. Maka service secara rutin dapat membuat AC Anda menjadi lebih dingin kembali dengan cepat. Bagian yang kotor akan dibersihkan, sedangkan bagian yang rusak akan diperbaiki atau diganti. 

Ada baiknya ketika Anda melakukan service mobil skala besar, jangan lupa untuk sekaligus melakukan service AC mobil

4. Membuka kaca mobil saat suhu meningkat 

Ketika Anda parkir di tempat terbuka dan terpapar sinar matahari yang panas, sebenarnya kondisi di dalam mobil jauh lebih panas daripada di luar. Hal ini disebabkan oleh panas yang terperangkap dan tidak bisa keluar dari dalam mobil. Maka langkah supaya proses pendinginan lebih cepat adalah dengan membuka kaca mobil dan mengatur kekuatan AC dengan maksimal. 

Biarkan beberapa saat dan jangan menaiki mobil terlebih dahulu. Langsung naik mobil, mengatur AC dengan daya maksimal, dan membiarkan mobil tertutup justru memperlambat pendinginan dan memperberat kinerja ACC mobil. 

5. Nyalakan AC saat mesin sudah stabil 

Ketika awal penyalaan mesin, kondisi mesin masih belum stabil karena pembakaran awal dimulai untuk menghidupkan mesin. Maka usahakan untuk menghidupkan AC saat mesin sudah stabil. Biasanya setelah perjalanan beberapa saat, kondisi mesin sudah mulai stabil dan dapat menyalakan AC dengan kekuatan penuh. 

Pendinginan yang berlangsung saat mesin sudah stabil akan lebih cepat dibandingkan pada saat mesin belum stabil. Jadi perhatikan juga kondisi mesinmu ya. 

Demikian beberapa tips yang bisa Anda lakukan jika AC mobil membutuhkan waktu yang lama untuk menjadi dingin. Untuk informasi lebih lanjut mengenai AC mobil tidak dingin serta kerusakan lainnya, Anda dapat melihat video berikut ini. 

0 Response to "5 Tips Membuat AC Mobil Menjadi Cepat Dingin Kembali"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel