Mengenal Komponen AC Mobil dan Fungsinya Agar Tidak Bingung Ketika AC Mobil Tidak Dingin

Mengenal-Komponen-AC-Mobil-dan-Fungsinya-Agar-Tidak-Bingung-Ketika-AC-Mobil-Tidak-Dingin

AC mobil tidak dingin bisa disebabkan oleh masalah pada komponen penyusunnya. Anda jelas membutuhkan jasa service AC mobil yang profesional untuk melakukan perawatan rutin. Jangan sampai Anda salah pilih jasa service AC abal-abal yang memberikan informasi kerusakan yang tidak sesuai. Guna meminimalisir risiko tertipu tersebut, ada baiknya Anda tahu mengenai komponen-komponen penyusun AC mobil dan fungsi masing-masing berikut ini. 

Komponen mekanikal AC mobil 

Pengertian komponen mekanikal AC mobil adalah komponen penyusun yang berada di dalam sistem AC. Berikut komponen mekanikal AC dan fungsi yang dimiliki: 

1. Kompresor 

Kompresor berfungsi untuk mengkompresi suhu atau menghirup gas freon dari dalam evaporator yang memiliki tekanan dan temperatur rendah, lalu mengeluarkannya dalam bentuk cair bertekanan dan bertemperatur tinggi ke bagian komponen lain yaitu kondensor AC. 

2. Kondensor AC 

Bagian komponen yang berfungsi untuk mengubah gas freon yang disalurkan oleh kompresor berubah menjadi cair. Extra fan yang berada pada kondensor AC akan bekerja mendinginkan dan membuang temperatur panas yang disalurkan oleh gas freon dari kompresor. 

3. Receiver Driver 

Meskipun tidak semua jenis AC mobil memiliki komponen ini, receiver driver memiliki fungsi untuk partikel halus di dalam sistem dan menyerap kandungan dari uap air freon. 

4. Ekspansi valve 

Komponen ekspansi valve adalah saluran sempit di tempat mengalirnya freon cari ke receiver driver dan berlanjut ke evaporator. Bagian satu ini berguna untuk mengatur jumlah freon yang dialirkan ke evaporator sesuai kebutuhan. 

5. Evaporator 

AC mobil tidak dingin bisa juga dikarenakan komponen evaporator bermasalah sebab bagian ini berfungsi menyerap hawa dingin dari seluruh proses sistem AC dan menyalurkannya ke seluruh kabin mobil melalui blower. 

6. Heater 

Banyak digunakan oleh AC mobil di negara dengan hawa musim dingin sebab komponen ini bisa berfungsi penghangat. Heater juga bisa mendinginkan udara karena proses pemanasan udara ketika angin dihembuskan dari blower melalui heater. 

7. High Low Pressure Switch 

Komponen yang berfungsi memberikan proteksi pada risiko kerusakan kompressor ini wajib Anda ketahui. High Pressure Switch berguna untuk memproteksi komponen AC mobil pada tekanan yang melebihi batas maksimal. Aliran listrik bakal terhenti sehingga kompressor juga berhenti bekerja, sedangkan Low Pressure Switch memiliki fungsi sebaliknya. 

8. Selang dan Pipa 

Selang dan pipa memiliki fungsi menjadi penghubung atau penghantar tekanan freon ke seluruh komponen pada AC mobil Anda. 

Komponen Elektrikal AC Mobil 

Selain mengetahui komponen mekanikal dan cara kerjanya, Anda juga harus memahami mengenai fungsi dari komponen elektrikal AC mobil yang terdiri dari beberapa komponen berikut ini. 

1. Magnetic Clutch 

Komponen ini berfungsi untuk memutus dan menghubungkan kompresor dengan putaran mesin. 

2. Saklar 

Komponen AC berupa saklar terdiri dari tombol on, off, low, medium, dan high yang berfungsi untuk mematikan dan menghidupkan kompresor serta mengatur kecepatan putaran blower dan evaporator AC mobil. 

3. Thermostat 

Thermostat memiliki cara kerja memberikan sinyal temperatur dari kabin ke kompresor secara otomatis. 

4. Motor Fan Kondensor 

Merupakan kipas tambahan pada mesin pendingin AC mobil yang bisa membantu proses pendinginan kondensor lebih maksimal. 

5. Pressure Switch 

Alat ini berfungsi sebagai pengaman AC mobil sehingga kerusakan komponen akibat kinerja gas freon yang mengalami kebocoran tidak terjadi. 

6. Relay 

Komponen pada mobil yang berguna untuk mengalirkan listrik ke magnetic clutch, blower motor serta komponen-komponen lain. 

7. Amplifier AC 

Amplifier AC berfungsi sebagai relay otomatis yang berguna menghubungkan dan memutus aliran listrik dari baterai menuju ke komponen magnetic clutch. 

Mengenali komponen-komponen pada mesin AC bisa membuat Anda lebih paham fungsi dan kerusakan pada AC mobil. Kalau AC mobil tidak dingin, Anda bisa mengecek komponen yang memungkinkan masalah tersebut. Hubungi jasa service AC mobil terbaik untuk mendapatkan pelayanan dan penggantian suku cadang komponen yang berkualitas. 

0 Response to "Mengenal Komponen AC Mobil dan Fungsinya Agar Tidak Bingung Ketika AC Mobil Tidak Dingin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel