5 Macam Makanan yang Sangat Baik Bagi Penderita Batu Empedu


Pasien batu empedu butuh lebih selektif dalam pilih makanan. Ini sebab ada type makanan yang baik untuk memudahkan serta menahan kambuhnya tanda-tanda batu empedu, tetapi ada juga makanan yang bisa jadi parah keadaan ini. 

Kantung empedu ialah organ memiliki ukuran kecil yang terdapat di belakang hati. Manfaatnya ialah untuk menyimpan cairan empedu yang dibuat oleh hati. Saat makanan masuk ke usus, kantung empedu akan mengalirkan cairan empedu ke usus untuk menolong pencernaan lemak. 

Waktu tercipta batu di kantung empedu, keluarnya cairan empedu bisa terhalang, hingga memunculkan tanda-tanda batu empedu, seperti sakit perut, kembung, mual, serta muntah. 

Pembentukan batu empedu lebih beresiko berlangsung pada seorang yang seringkali konsumsi makanan berlemak, menanggung derita obesitas, seringkali merokok, mempunyai cholesterol tinggi, atau alami penurunan berat tubuh mencolok dalam sekejap. Diluar itu, wanita hamil, orang yang konsumsi obat-obatan tersendiri (contohnya pil KB), atau pasien penyakit hati lebih beresiko terserang batu empedu. 

Makanan yang Baik untuk Batu Empedu 

Batu empedu dapat diatasi dengan pemakaian obat-obatan atau dengan operasi. Tidak ada diet atau skema makan tersendiri yang bisa hilangkan batu empedu. Namun, mengonsumsi beberapa makanan di bawah ini bisa memudahkan tanda-tanda batu empedu serta menahan pembentukannya di masa datang: 

1. Sayuran serta buah-buahan 

Pasien batu empedu dianjurkan untuk perbanyak konsumsi serat yang dapat didapat dari sayuran serta buah-buahan. Tidak hanya kaya serat, ke-2 type makanan ini banyak terkandung anti-oksidan, magnesium, serta vitamin C yang disangka bisa menahan pembentukan batu empedu. 

2. Whole grains 

Whole grains atau biji-bijian utuh adalah barisan makanan yang baik untuk batu empedu. Makanan yang terhitung whole grains ini mencakup gandum, jelai, oat, nasi coklat, serta sereal. 

3. Minyak ikan serta minyak zaitun 

Minyak ikan yang kaya omega-3 bisa menolong kurangi efek munculnya batu empedu. Mengonsumsi minyak ikan serta minyak zaitun dapat menolong pengosongan kantung empedu dengan sehat serta teratur. 

4. Daging rendah lemak 

Daging merah yang tinggi lemak biasanya bukan makanan yang baik buat pasien batu empedu. Oleh karenanya, ubahlah daging merah dengan daging ayam tanpa ada kulit atau ikan, sebab ke-2 type makanan ini memiliki kandungan lemak yang lebih dikit. 

5. Makanan yang lain 

Makanan lain yang baik untuk memudahkan serta menahan batu empedu ialah tahu, tempe, kacang-kacangan, dan susu serta produk olahannya (contohnya yoghurt). Tetapi, susu yang dikonsumsi harus rendah lemak. 

Walau beberapa makanan itu aman untuk dikonsumsi, Anda tidak dianjurkan untuk menyantapnya dalam bagian besar sekaligus juga. Hal tersebut bisa memunculkan rasa kembung yang malah jadi parah tanda-tanda batu empedu. Anda dianjurkan untuk konsumsi makanan dalam bagian kecil tapi seringkali. 

Hati-hatilah dalam konsumsi sayuran yang banyak terkandung gas, seperti brokoli serta kubis, sebab sayuran itu bisa membuat perut kembung.

0 Response to "5 Macam Makanan yang Sangat Baik Bagi Penderita Batu Empedu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel