3 Penyebab Munculnya Batu Empedu


Seperti yang sudah diterangkan di atas, batu empedu tercipta dari kelebihan zat atau cairan tersisa yang pada akhirnya menggumpal serta mengeras. 

Batu empedu dapat memiliki ukuran benar-benar kecil dari mulai sebutir pasir sampai sebesar bola golf. Batu empedu yang kecil umumnya tidak menimbulkan dampak apapun. Tetapi makin besar ukuran batunya, Anda akan rasakan beberapa tanda-tanda yang menyakitkan. 

Tetapi, apa pemicu terbentuknya batu empedu? 

1. Empedu memiliki kandungan kebanyakan cholesterol 

Cairan empedu normal harusnya memiliki kandungan cukup senyawa garam empedu untuk meleburkan cholesterol yang dikeluarkan oleh hati. 

Tetapi bila hati kebanyakan menghasilkan cholesterol, cairan empedu akan memiliki kandungan semakin banyak cholesterol dibanding zat pelarutnya. 

Ini mengakibatkan cholesterol jadi susah dipecah oleh empedu, hingga mengkristal serta pada akhirnya menjadi batu. 

2. Banyak bilirubin dalam kantung empedu 

Bilirubin ialah zat kimia yang dibuat badan untuk merusak sel darah merah. Keadaan tersendiri bisa mengakibatkan hati Anda menghasilkan bilirubin kebanyakan. Bilirubin yang berlebihan dapat mengeras yang akan selesai jadi batu di empedu. 

Beberapa masalah yang membuat badan menghasilkan kebanyakan bilirubun ialah sirosis hati, infeksi aliran empedu, serta masalah darah tersendiri. Kesemua itu selanjutnya bisa jadi pemicu terbentuknya batu di empedu. 

3. Kantung empedu Anda tidak kosong keseluruhan 

Empedu pekerjaannya mengolah serta mengolah cholesterol sampai habis. Jika kantung empedu tidak dapat kosongkan didalamnya dengan teratur atau seutuhnya, berarti Anda masih mempunyai sisa-sisa cholesterol yang tidak terbuang. Ini bisa jadi pemicu batu tercipta di kantung empedu.

0 Response to "3 Penyebab Munculnya Batu Empedu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel