Tips Ampuh Cegah Nyamuk diRumah


Seperti yang dikutip dari CDC (instansi pengaturan serta mencegah penyakit di Amerika), nyamuk umumnya menggigit saat siang serta malam, baik di luar atau dalam ruang. 

Serangga yang satu ini umumnya cari tempat yang hangat saat suhu mulai dingin. Nyamuk biaanya akan bergabung di ruangan yang tertutup, seperti garasi atau gudang. 

Biasanya, nyamuk akan berkembang biak pada tempat yang lembap atau penampungan air, seperti kolam, ban sisa, tanaman yang basah, sampai sampah. 

Bila merasakan rumah Anda belum terlepas dari serangan nyamuk, inilah cara-cara yang dapat Anda turuti untuk menahan gigitan nyamuk. 

1. Memakai kipas angin 

Nyamuk nyatanya adalah binatang yang tidaklah terlalu dapat terbang. Itu penyebabnya, satu diantara langkah menahan gigitan nyamuk dengan memakai kipas angin. 

Angin yang dibuat kemungkinan membuat potensi terbangnya terusik. Bila Anda berdiri atau duduk di dekat kipas angin, kemungkinan nyamuk akan kesusahan menggigit Anda. 

2. Memoleskan minyak peppermint 

Menurut satu riset tahun 2011, peppermint terhitung ke satu diantara yang dapat jadi pengusir nyamuk. Tanaman ini dapat dibuktikan bisa jadi langkah menahan gigitan nyamuk, terhitung Aedes aegypti sepanjang 45 menit. 

Ekstrak tumbuhan peppermint ini jadikan minyak mendasar supaya bisa dioles-oleskan ke lengan atau ruang badan yang Anda kehendaki. Langkah pemakaiannya juga gampang, Anda cukup mencampurkan minyak peppermint dengan lemon supaya memperoleh aroma mint yang prima. 

Namun, ada hal yang butuh diingat jika minyak peppermint bisa memunculkan sensasi panas di kulit. Anda mungkin bisa mengombinasikannya dengan minyak canola. 

3. Teratur buang sampah 

Sadarkah Anda jika sampah yang menumpuk di pojok ruang serta membuat lantai lembap bisa jadi sarang nyamuk? 

Agar Anda serta bagian keluarga yang lain bebas dari anacaman digigit nyamuk, janganlah lupa teratur buang sampah ke tempat pembuangannya. 

Diluar itu, memisahkan sampah yang basah dengan kering juga bisa dikerjakan untuk memudahkan Anda saat pilih serta menyortirnya. 

4. Menggunakan minyak catnip 

Tidak hanya dipakai di dunia kuliner, catnip jadikan satu diantara langkah menahan gigitan nyamuk di dalam rumah. 

Ekstrak catnip dipandang lebih aman serta tidak bawa resikonya pada kulit. Agar tidak digigit nyamuk, Anda dapat memakai minyak catnip. Minyak ini dapat membuat perlindungan badan Anda dari gigitan nyamuk sepanjang 7 jam. 

5. Manfaatkan manfaat tanaman sereh 

Kandungan alami yang biasa berada di losion anti nyamuk ialah sereh. Bila Anda ingin menggunakan langkah yang alami untuk menahan gigitan nyamuk, Anda dapat menyatukan minyak sereh dengan minyak mendasar yang lain. 

Satu diantara minyak mendasar yang disarankan untuk dicampurkan dengan minyak sereh ialah minyak kulit kayu manis. Gabungan dari kedua-duanya nyatanya bisa membuahkan penangkal nyamuk yang cukup kuat. 

6. Bersihkan kubangan air 

Tempat sampah yang lembap, kubangan air, serta kolam yang tidak tertangani bisa jadi sarang nyamuk. Oleh karenanya, bersihkan kubangan air di halaman serta di rumah bisa membuat nyamuk malas berkembang biak disana. 

Panduan jaga kebersihan rumah dari kubangan air agar Anda tidak digigit nyamuk, diantaranya: 

  • Bersihkan talang air di atap yang terhalang 
  • Kosongkan penampuangan air apapun 
  • Pastikan air hujan tidak menetesi tempat sampah 
  • Menaruh pot bunga atau wadah yang lain yang tidak dipakai dalam kondisi terbalik 
  • Jaga pinggir kolam supaya terlepas dari jamur 
  • Menggunakan jaring antinyamuk pada tangki septik, sumur, atau tempat penampungan air. 

Sebetulnya, langkah paling amouh untuk menahan gigitan nyamuk ialah memberantas sarang nyamuk. Oleh karenanya, jaga kebersihan rumah serta lakukan fogging 3-6 bulan sekali ialah langkah yang cukup pas.

0 Response to "Tips Ampuh Cegah Nyamuk diRumah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel