Hindari Kanker Lidah yang Mengancam Tanpa Tanda


Kanker lidah ada sebab pemisahan beberapa sel yang tidak normal pada permukaan lidah. Unsur pemicu kanker lidah belum didapati dengan tentu, tetapi ada banyak hal yang bisa Anda kerjakan untuk menahan penyakit ini. 

Usaha mencegah bisa dikerjakan bertepatan dengan kontrol awal. Ini mempunyai tujuan membuat perlindungan diri Anda dari efek kanker sampai Anda mendapatkan hasil kontrol. 

Langkah menahan kanker lidah 

Dibanding type kanker yang lain, kanker lidah benar-benar dapat dihindari lewat perbaikan pola hidup. Berikut beberapa panduan yang bisa Anda kerjakan: 

1. Menghindarkan rokok serta produk memiliki kandungan tembakau 

Rutinitas merokok bisa tingkatkan efek kanker mulut, lidah, serta orofaring (aliran penghubung hidung serta tenggorokan). Masalahnya bahan kimia pada rokok bisa merubah susunan genetik sel serta membuat membelah dengan abnormal. 

Produk tembakau alternatif rokok seperti cerutu, tembakau kunyah, serta sejenisnya dapat menyebabkan penyakit yang sama. Jika Anda ingin kurangi efek kanker, jauhkan diri Anda dari beberapa produk tembakau, apapun memiliki bentuk. 

2. Batasi mengonsumsi alkohol 

Mengonsumsi alkohol terlalu berlebih bisa mengakibatkan dehidrasi pada beberapa sel yang membuat permukaan lidah. Mengakibatkan, lidah jadi rawan pada cedera. Zat karsinogen pemicu kanker pada akhirnya lebih gampang masuk jaringan lidah. 

Bila Anda konsumsi alkohol, langkah paling baik untuk menahan kanker lidah dengan membatasinya. Batas aman mengonsumsi alkohol buat wanita ialah 1 hidangan tiap hari, sedang pria 2 hidangan tiap hari. Semakin lebih baik bila Anda menghentikannya benar-benar. 

3. Lakukan vaksinasi HPV (Human papillomavirus) 

HPV salah satu virus yang seringkali mengakibatkan penyakit menyebar seksual. Virus ini sebetulnya tidak mengakibatkan kanker lidah, tetapi infeksinya bisa menebar sampai mulut serta mengakibatkan pergantian pada sel penyusunnya. 

Untuk menahan infeksi HPV, vaksin pada virus ini diberi pada umur 9-12 tahun. Buat anak yang tidak mendapatkan vaksin dengan komplet, pemberian vaksin dikerjakan kembali waktu umur 13-26 tahun. 

4. Perbanyak mengonsumsi sayuran serta buah-buahan 

Skema makan rendah sayuran serta buah-buahan diduga bisa tingkatkan efek kanker. Sebabnya disangka sebab badan kekurangan vitamin, mineral, dan beberapa senyawa anti-oksidan yang dapat menantang radikal bebas. 

Sel yang terserang radikal bebas bisa alami kehancuran atau mutasi. Bila beberapa sel ini bermutasi, sel akan membelah dengan tidak teratasi serta membuat tumor. Makin lama, tumor bisa berkembang jadi kanker. 

5. Kurangi paparan cahaya matahari 

Langkah lain yang bisa Anda kerjakan untuk menahan kanker lidah ialah kurangi paparan cahaya UV dari matahari. Ini karena disebabkan paparan cahaya UV dalam periode panjang bisa menyebabkan mutasi sel hingga tercipta kanker. 

Untuk kurangi paparan cahaya UV, jauhi melancong keluar rumah waktu matahari cemerlang terik. Pakai juga pelembap bibir dengan SPF 30 atau lebih supaya bibir serta mulut Anda terlindung dari cahaya UV. 

6. Jaga kebersihan mulut serta gigi 

Jalinan langsung di antara kebersihan mulut dengan kanker lidah memanglah belum didapati dengan tentu. Tetapi, beberapa pasien kanker lidah nyatanya mempunyai permasalahan dengan kebersihan mulut serta giginya. 

Orang yang lakukan sex oral harus juga tambahan berhati-hati untuk menahan penyebaran HPV dari pasangannya. Triknya dengan memakai dental dam supaya mulut serta organ intim tidak bersentuhan dengan cara langsung. 

Pasien penyakit kanker lidah umumnya bisa pulih keseluruhan. Meskipun begitu, angka keinginan hidupnya akan alami penurunan. Penurunan ini bergantung pada fase kanker, aksi perlakuan, dan kapan kanker terdeteksi. 

Beberapa langkah yang Anda kerjakan untuk menahan kanker lidah bertindak penting dalam turunkan risikonya. Jadi, awalilah jalani pola hidup sehat supaya badan Anda terlindung dari penyakit ini.

0 Response to "Hindari Kanker Lidah yang Mengancam Tanpa Tanda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel