5 Camilan Sehat Untuk Penderita Diabetes


Pilih cemilan yang sehat jadi sisi dari kunci hidup sehat buat pasien diabetes. Agar Anda tidak salah menjatuhkan pilihan, silahkan kupas satu demi satu makanan apa yang pas jadi alternatif cemilan tidak sehat untuk diabetesi di bawah ini. 

1. Satu atau dua butir telur rebus 

Makanan yang digoreng, seperti bakwan atau kentang goreng memang enak untuk jadikan cemilan. Namun, cemilan itu harus dijauhi oleh pasien diabetes. Masalahnya makanan yang memiliki kandungan banyak minyak ini dapat membuat kandungan cholesterol naik serta efek penyakit jantung pada pasien diabetes akan makin jadi membesar. 

Daripada makan gorengan, lebih baik makan telur rebus jadi cemilan untuk pasien diabetes. Telur memiliki kandungan protein yang lebih lama dirubah jadi gula darah. Itu berarti, kandungan gula darah tidak naik cepat dengan tiba-tiba. 

Satu analisa yang diedarkan pada British Journal of Nutrition memperhatikan mengonsumsi telur pada pasien diabetes. Sekitar 65 pasien diabetes type 2 disuruh mengonsumsi dua butir telur tiap hari sepanjang 12 minggu. 

Hasilnya tunjukkan jika pasien alami penurunan kandungan gula darah puasa serta hemoglobin A1C yang lebih rendah. Kedua-duanya adalah tanda untuk mengukur gula darah periode panjang. 

2. Makanan ringan dari kedelai 

Tidak hanya gorengan, makanan manis mungkin jadi pilihan sejumlah besar orang untuk ngemil. Tetapi, makanan seperti donat, martabak manis, atau biskuit manis memiliki kandungan gula yang dapat meningkatkan gula darah secara cepat 

Ini akan memberatkan kerja insulin serta membuat tanda-tanda diabetes ada. Bukannya jaga gula darah masih konstan, cemilan semacam ini justru makin membuat diabetes jadi makin kronis. 

Jadi alternatifnya, Anda harus pilih cemilan dari memiliki bahan basic kedelai untuk pasien diabetes, seperti makanan ringan kedelai. Studi yang dikerjakan oleh Ahvaz Jundishapur University of Medical Sciences memperhatikan dampak mengonsumsi kedelai pada pasien diabetes. 

Hasilnya tunjukkan jika mengonsumsi kedelai sekitar 8 gr sepanjang 8 minggu, bisa turunkan kandungan HbAic (hemoglobin yang berikatan dengan glukosa), cholesterol keseluruhan, serta resistensi insulin. 

Kedelai rendah nilai indeks glikemiknya. Ini berarti ngemil kedelai tidak membuat gula darah melompat naik, hingga dapat dikonsumsi dengan aman. 

3. Buah fresh 

Buah tetap jadi pilihan pas jadi cemilan sehat, khususnya untuk pasien diabetes. Tetapi, yang Anda pilih semestinya buah yang keadaannya masih fresh, bukan buah paket yang dikeringkan. Buah paket umumnya memiliki kandungan pemanis penambahan yang tidak baik kandungan gula darah pasien diabetes. 

Tetapi, tiap buah pilih kandungan gula yang berlainan bergantung keadaan kematangan serta ukuran. Seperti dikutip dari situs Mayo Clinic, dr. Regina Castro, seseorang spesialis endokrinologi mengatakan jika satu bagian buah untuk cemilan diabetesi harus memiliki kandungan 15 gr karbohidrat, misalnya: 
  • 1 buah pisang atau ½ sisi apel ukuran sedang 
  • 1 cangkir buah melon potong dadu (160 gr) 
  • 1¼ cangkir strobery utuh (180- gr) 

4. Satu cangkir yogurt 

Makanan manis lain yang umumnya jadikan cemilan ialah es cream. Namun, es cream condong memiliki kandungan banyak gula serta lemak hingga semestinya dijauhi oleh pasien diabetes untuk jadikan cemilan. 

Jangan cemas, Anda dapat gantikan enaknya es cream dengan satu cangkir yogurt (148 gr). Pilihan yogurt yang paling direferensikan ialah plain greek yogurt yang kaya protein hingga dapat jaga gula darah masih konstan. 

Anda dapat memberikan tambahan toping pada yogurt seperti kacang-kacangan, buah strobery, atau bubuk kayu manis. Tetapi, jangan kebanyakan, cukup jadi penambah rasa saja. 

5. Senggenggam kacang almond 

Satu cemilan sehat yang dapat gantikan keripik atau makanan ringan asin tidak sehat untuk pasien diabetes, yakni kacang almond. Kacang ini memiliki kandungan mineral mangan, vitamin B, magnesium, protein, lemak sehat, serta serat. 

Studi yang diedarkan pada jurnal Metabolic Syndrome and Related Disorders ini tunjukkan kekuatan kacang almond dalam jaga kandungan gula darah. Sekitar 58 orang disuruh konsumsi kacang almond tiap hari sepanjang 24 minggu. 

Hasilnya tunjukkan jika kandungan gula darah periode panjang alami penurunan sebesar 3 %. Selain itu, kacang ini didapati memberi faedah lainnya seperti memperhatikan kesehatan jantung serta menolong kurangi kandungan cholesterol.

0 Response to "5 Camilan Sehat Untuk Penderita Diabetes"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel