Mudik Malam Hari, Berikut Panduan aman berkendara pada malam hari


Mengemudi pada malam hari merupakan rintangan. Ditambah lagi bila harus tempuh jarak yang cukup jauh. Agar selamat tiba di tujuan, ada banyak panduan yang perlu dilihat sebelum berkendara pada malam hari. Apa sajakah?Baca panduannya di bawah ini. 

Sebetulnya, malam hari adalah waktu yang paling beresiko untuk mengemudi. Sayangnya, beberapa pekerjaan tidak dapat menghindarkan untuk berkendara pada malam hari, seperti kurir, orang yang lakukan perjalanan jauh, atau mudik. 

Saat malam hari, efek berlangsungnya kecelakaan 3x semakin besar dibandingkan waktu yang lain. Sebabnya juga bermacam, dari mulai kecapekan, permasalahan pandangan, sampai pekerjaan lain yang merusak konsentrasi. 

Supaya Anda tiba di tujuan dengan aman, turuti beberapa panduan aman untuk berkendara pada malam hari di bawah ini. 

1. Yakinkan keadaan Anda sebelum menyetir mobil 

Bila Anda tidak meyakini untuk menyetir kendaraan di saat malam, semestinya urungkan kemauan Anda. Berkendara pada saat sakit kepala, pusing, atau keadaan tidak sehat yang lain begitu beresiko. 

Jadi, yakinkan badan Anda fresh serta bugar bila ingin menyetir kendaraan pada malam hari. Ditambah lagi bila Anda akan tempuh perjalanan yang lumayan panjang. 

Buat orang dengan permasalahan kesehatan tersendiri, seperti mata kering, infeksi mata karena pemakaian lensa, degenerasi makula, atau diabetes retinopati semestinya menghindarkan pekerjaan berkendara pada malam hari. 

Masalah mata itu dapat mengakibatkan tanda-tanda yang menganggu pandangan waktu Anda berkendara pada malam hari. 

Sesaat bila Anda memakai kacamata, yakinkan kacamata Anda pada kedaaan bersih hingga Anda dapat lihat dengan jelas. Janganlah lupa untuk memeriksa kesehatan mata Anda dengan teratur. 

2. Yakinkan kaca mobil bersih 

Panduan ke-2 supaya Anda aman berkendara pada malam hari merupakan pastikan kebersihan mobil termasuk juga kacanya. 

Sebelum berkendara pada malam hari, tetap cek kebersihan kaca depan mobil baik di luar atau dalam. Debu atau kotoran yang melekat di kaca dapat mengganggu pandangan Anda. 

Sepanjang perjalanan, khususnya waktu hujan turun, aktifkan wiper untuk hilangkan tetesan air hujan yang dapat menghambat pandangan Anda. 

Yakinkan juga lampu mobil Anda berperan secara baik untuk menolong menerangi jalan. 

3. Cocokkan kecepatan dengan keadaan jalan 

Jalanan umumnya semakin lebih lengang pada malam hari. Tetapi, ingat, jangan pernah ini meningkatkan Anda meningkatkan kecepatan terlalu berlebih. 

Penerangan pada malam hari begitu hanya terbatas. Bila begitu cepat menyetir mobil, Anda tidak dapat lihat lebih jauh apa yang ada di muka. Ini dapat tingkatkan efek Anda menabrak kendaraan lain yang ada di muka. 

Satu diantara panduan berkendara aman pada malam hari yang dapat dikerjakan merupakan mengendalikan kecepatan mobil. Jaga kecepatannya untuk masih konstan bila menyetir mobil pada malam hari. 

Semestinya Anda pun kurangi kecepatan bila melalui jalanan yang curam atau licin sebab hujan, sekalinya Anda rasakan meyakini bisa menanganinya. 

4. Konsentrasi serta janganlah lupa berkedip 

Mengemudi, ditambah lagi pada malam hari, memang memerlukan konsentrasi yang tinggi sekali. Anda harus memerhatikan bagian kanan serta kiri, dan jaga pandangan lurus ke depan. 

Jadi, jauhi main hp saat mengemudikan mobil. Bila Anda ingin lakukan atau terima panggilan, semestinya berhenti sesaat. 

Dengan demikian, Anda dapat menelepon atau kirim pesan melalui hp dengan bebas tanpa ada waswas akan menabrak atau alami kecelakaan. 

Satu hal yang penting juga tapi seringkali lewatkan atau bahkan juga disepelekan merupakan berkedip. 

Berkendara pada malam hari memerlukan konsentrasi yang tambah tinggi. Ini seringkali membuat Anda lupa berkedip. 

Walau sebenarnya, berkedip bisa melumasi mata dengan air mata hingga jaga mata masih lembap serta bersih. Bila Anda jarang-jarang berkedip, mata akan berasa kering, perih, serta gampang capek. 

5. Istirahat bila badan capek serta mengantuk 

Panduan aman berkendara pada malam hari yang dapat Anda turuti merupakan beristirahat saat capek atau kantuk menyerang. 

Baik itu siang atau malam, Anda tidak bisa memaksakan mengemudikan mobil waktu badan kecapekan atau mengantuk. 

Ke-2 keadaan itu bisa turunkan tingkat kesiagaan. Mengakibatkan, Anda tidak memerhatikan sinyal atau rambu jalan raya secara benar serta bukan mustahil Anda bisa selesai dengan kecelakaan jalan raya.

0 Response to "Mudik Malam Hari, Berikut Panduan aman berkendara pada malam hari "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel