Tips Menghilangkan Bintil-Bintil Putih di Kulit


Milia atau bintil-bintil kecil berwarna putih yang seringkali tampil di seputar hidung, pipi atas atau bawah mata, serta dagu. Situasi ini seringkali disangka jerawat, walau sebenarnya berlainan. Dikutip dari Health Line, satu grup penelitian medis di Rochester, Minnesota, mengutarakan jika bintil putih di kulit ini muncul waktu serpihan kulit mati terjerat dibawah permukaan kulit. 

Walau umumnya berlangsung saat bayi, bukan mustahil orang dewasa merasakannya. Umumnya situasi ini akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Tetapi, ada cara-cara untuk menghilangkan milia dari kulit, yakni: 

1. Teratur bersihkan muka 

Bersihkan muka ialah kegiatan rutin yang harus dikerjakan supaya kulit masih bersih, tidak cuma waktu milia muncul. Yakinkan untuk membersihkan muka dengan sabun atau pembersih muka tanpa ada kandungan paraben sehari-hari. 

Dikutip dari Live Strong, produk pembersih yang memiliki kandungan asam salisilat, asam sitrat, serta asam glikolat bisa menolong menangani situasi kulit apa pun karena perkembangan beberapa sel kulit terlalu berlebih serta menolong menarik kotoran yang terjerat di pori-pori. Ini membuat bintik putih kecil di kulit jadi mengecil serta pada akhirnya bertambah cepat hilang. 

Tidak hanya produk pembersih, langkah bersihkan kulit pun butuh dilihat. Berikan pembersih muka pada kulit, lalu pijit lembut serta basuh dengan air bersih. Sesudah itu, tepok perlahan kulit Anda agar kering untuk menolong mengawasi kelembaban kulit. 

Sesudah kulit dibikin bersih, berendam dengan air hangat akan buka pori-pori kulit, termasuk juga kulit muka. Ini akan menolong melepas serpihan kulit mati atau kotoran yang lain yang terjerat dibawah permukaan kulit. Biarlah badan Anda santai saat 5 sampai 8 menit, lalu basuh dengan air untuk bersihkan bekas kotoran atau kulit mati yang sudah dikeluarkan. 

2. Lakukan eksfoliasi muka 

Eksfoliasi ialah tehnik perawatan kulit dengan mengusung beberapa sel kulit mati. Tehnik ini dapat menolong kulit bebas dari iritan yang mengakibatkan milia. Diantaranya mengawasi supaya keratin di kulit tidak dibuat terlalu berlebih. 

Tidak butuh ribet pergi di salon kecantikan kok, eksfoliasi dapat Anda kerjakan di dalam rumah. Sediakan beberapa bahan eksfoliasi yang mudah, misalnya scrub gula atau kombinasi gula merah dengan minyak zaitun. Tehnik ini dapat diaplikasikan cuma pada ruang muka yang ada milia atau juga bisa semua permukaan muka. 

Basahi kulit muka dengan air lantas berikan dikit scrub serta gosok dengan perlahan-lahan saat 20 sampai 30 detik. Basuh dengan air dingin dengan bersih. Kerjakan ini paling tidak 3x dalam satu minggu sampai milia hilang. 

3. Memakai masker madu manuka 

Tidak hanya eksfoliasi, Anda dapat memakai madu manuka di wajah. Ini menolong kurangi peradangan karena bakteri atau iritasi kulit. Satu studi tunjukkan jika madu yang digabung dengan kulit kayu manis begitu efisien dalam memerangi bakteri pemicu jerawat. Meskipun milia tidak dikarenakan oleh bakteri, kombinasi ini dapat melakukan perbaikan penampilan permukaan kulit. 

Tersebut langkah mengaplikasikan masker madu manuka di wajah: 

  • Campur tiga atau empat sendok makan madu manuka serta satu sendok makan kayu manis 
  • Panasi saat 30 detik di microwave 
  • Berikan susunan tipis kombinasi ke muka, diamkan saat 10 menit, serta basuh sampai bersih 

4. Menyemprotkan air mawar 

Air mawar ialah air yang memiliki kandungan minyak mawar yang dapat jadi zat antiradang jika dioles-oleskan ke kulit. Semprotkan air mawar pada kulit sekitar dua atau 3x satu hari untuk menghilangkan milia di muka serta kulit. 

5. Pakai cream retinoid serta tabir surya 

Cream retinoid topikal dapat singkirkan milia sebab memiliki kandungan vitamin A. Lalu, pakai produk yang memiliki kandungan retinol sekali dalam satu hari. Janganlah lupa untuk memakai tabir surya sehari-hari membuat perlindungan kulit dari paparan cahaya ultraviolet. 

Tabir surya menyamakan cream retinoid yang sensitif pada rusaknya jika terkena cahaya matahari. Kedua-duanya dipakai untuk memudahkan iritasi kulit yang dikarenakan oleh bintik putih kecil di kulit.

0 Response to "Tips Menghilangkan Bintil-Bintil Putih di Kulit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel