Atasi Mata Merah Dengan Cara Medis

Atasi-Mata-Merah-Dengan-Cara-Medis

Iritasi, reaksi alergi, serta cedera mudah pada mata bisa mengakibatkan pembengkakan pembuluh-pembuluh kecil pada mata Anda serta membuat terlihat memerah. Mata merah yang muncul tanpa ada perasaan sakit biasanya tidak beresiko, tetapi Anda mungkin rasakan sensasi tidak nyaman waktu merasakannya. Tak perlu cemas, ada cara-cara menangani mata merah yang bisa Anda kerjakan untuk menghadapi situasi ini. 

Langkah menangani mata merah yang aman 

Berikut beberapa langkah yang bisa dikerjakan supaya mata merah tidak mengganggu kegiatan Anda. 

1. Mengompres mata 

Kompres bisa menurunkan kemerahan serta perasaan tidak nyaman pada mata Anda. Anda perlu membasahi kain katun lembut yang bersih dengan air hangat atau air dingin. Peras kain itu sampai tidak lagi ada air yang menetes. Lalu, lekatkan pada kelopak mata Anda saat beberapa waktu. 

2. Mengawasi kebersihan mata 

Tidak hanya partikel kotoran, ada beberapa perihal di seputar Anda yang bisa jadi pemicu mata merah. Supaya mata tidak alami iritasi atau alergi, yakinkan jika kebersihan mata Anda tetap terbangun dengan cara tersebut: 

  • tidak memakai riasan mata, atau cuma memakai riasan mata yang berbentuk hipoalergenik (tidak memunculkan alergi) 
  • tetap membersihkan tangan tiap-tiap sebelum dan setelah melakukan aktivitas 
  • membersihkan baju, handuk, serta sarung bantal dengan teratur 
  • tidak menyentuh ruang mata untuk hindari infeksi 
  • mandi 2x satu hari atau sesudah beraktivitas di luar rumah, khususnya jika mata merah dikarenakan oleh alergi 

3. Membuat perlindungan mata dari pemicunya 

Langkah menangani mata merah yang sangat simpel dengan hindari pemicunya. Jauhi beberapa benda, tempat, ataupun sekitar lingkungan yang bisa menyebabkan iritasi ataupun alergi pada mata. Penyebab alergi yang perlu dicermati umumnya ialah asap, debu, serta serbuk sari. 

Tetapi, tidak tutup peluang jika masih tetap ada penyebab lainnya yang membuat mata Anda jadi lebih peka. Jika Anda memakai lensa kontak, jadi Anda mesti mengerti langkah menggunakan, melepas, serta bersihkan lensa kontak yang benar. Janganlah memakai lensa kontak waktu mata masih tetap merah, serta janganlah juga memakai lensa kontak sekali-pakai dengan berulang. 

4. Memakai obat tetes mata 

Obat tetes mata dapat memunculkan reaksi yang bermacam pada tiap-tiap orang. Jadi, Anda butuh berkonsultasi dengan dokter sebelum memakainya. Menangani mata merah lewat cara meneteskan obat mata dalam periode panjang pun tidak dianjurkan sebab bisa beresiko mengakibatkan pembengkakan serta jadi parah kondisinya. 

Type obat tetes mata yang diperjual-belikan dengan bebas terdiri jadi beberapa macam, yakni: 

  • Naphazoline. Obat tetes mata ini berbentuk seperti dekongestan yang menangani kemerahan pada mata karena reaksi alergi, mata capek, serta iritasi mudah. 
  • Tetrahydrozoline. Walau terbuat berbahan yang berlainan, tetrahydrozoline pun mempunyai manfaat yang sama dengan naphazoline. 
  • Tetes mata yang berbentuk menjadi air mata bikinan. 

Langkah menangani mata merah dengan alami lebih dianjurkan sebab resiko dampaknya lebih kecil. Namun, mata merah yang karena disebabkan infeksi atau penyakit pada mata umumnya butuh diatasi dengan obat-obatan. 

Cermati tanda-tanda lainnya yang muncul jika mata Anda terlihat memerah. Cepatlah kontrol diri Anda ke dokter jika mata Anda berasa gatal serta ngilu, kering dalam tempo lama, keluarkan cairan berwarna kuning kehijauan, atau pandangan Anda jadi kabur.

0 Response to "Atasi Mata Merah Dengan Cara Medis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel